Mesin Kapal Secara Umum

Mesin Kapal Secara Umum
Instalasi kamar mesin dirancang sesuai dengan peraturan BKI, persyaratan keselamatan dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut dan peraturan pemerintah lainnya yang berlaku. Susunan dan penempatan instalasi mesin, perlengkapan mesin dan alat bantu lainnya telah direncanakan sehingga tersedia ruang gerak yang cukup untuk pengoperasian dan perawatan dari bagian-bagian mesin dan sistem pipa.

Kapal yang digerakkan oleh 1 (satu) buah mesin induk yang dihubungkan ke baling-baling dengan perantara sistem reduction reversing gear dan dilengkapi dengan sistem pengendalian dari jarak jauh yang digerakkan secara mekanis dari rumah kemudi (wheel house). Kapal dilengkapi 4 (dua) buah mesin bantu yang masing-masing menggerakkan generator listrik arus bolak-balik untuk keperluan pemakaian tenaga listrik dan penerangan di atas kapal.Untuk keperluan di pelabuhan dipasang 1 (satu) unit generator set kecil dan fasilitas untuk hubungan dengan tenaga listrik di darat (shore connection). Untuk penerangan dalam keadaan darurat, disediakan instalasi listrik sistem DC-24 Volt.

Mesin induk dan mesin-mesin bantu menggunakan bahan bakar dan minyak pelumas yang sama, serta dilengkapi control gauge yang terpasang di mesin. Alat-alat ukur, petunjuk dan instrumen yang dipasang diatas kapal menggunakan unit metrik. Di sekitar bagian-bagian mesin yang berputar diberi perlengkapan pelindung untuk menghindari kecelakaan-kecelakaan bagi ABK.

Mesin induk, mesin bantu dan komponen-komponen instalasi mesin lainnya yang dikenakan persyaratan kelas dilengkapi sertifikat kelas dari BKI. Seluruh gambar-gambar instalasi mesin mendapat pengesahan dari BKI sebelum pekerjaan dimulai.

Kondisi yang dipersyaratkan pada instalasi mesin
Mesin-mesin, perlengkapan dan alat-alat bantu lainnya dirancang untuk memiliki daya kuda yang disyaratkan dan dioperasikan pada kondisi kerja di daerah tropis sebagai berikut :
  • Suhu maksimum kamar mesin : 450C
  • Suhu maksimum air laut : 32oC
  • Kelembaban relatif : 50%
  • Tekanan barometer : 76 cm Hg
  • Kemiringan maksimal instalasi : 5 0
Data teknis untuk bahan bakar yang digunakan adalah :
    o Jenis bahan bakar : Minyak Solar (HSD)
    o Flash point : 1500F
    o Viscositas kinematik : 1,6-5,8 cSt
    o Specific Gravity pada 600F : 0,82-0,87

    Baca Juga :Koefisien Bentuk Kapal dan Mesinnya

    Explanation :
    Alam Ikan 1 :Fyson, 1985
    Alam Ikan 2 :BPPI, 1988
    Alam Ikan 3 :Pasaribu, 1985

    Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula.
    Semoga Bermanfaat


    reff : http://www.alamikan.com/2014/12/mesin-kapal-secara-umum.html


    Related video : Mesin Kapal Secara Umum


    Previous
    Next Post »