Indonesia Produsen Rumput Laut

Indonesia Ingin Jadi Produsen Rumput Laut Terbesar
JAKARTA - Indonesia bertekad menjadi produsen rumput laut terbesar dunia dengan target produksi hingga 10 juta ton pada 2014. Menurut Ketua Komisi Rumput Laut Indonesia Farid Ma'ruf, rumput laut memiliki keunggulan untuk menjadi komoditas pilihan.
Keunggulan itu antara lain garis pantai Indonesia yang mudah untuk budi daya karena waktu panen relatif singkat, 45 hari. Selain itu, industri rumput laut cenderung bersifat padat karya karena melibatkan pelaku usaha rumah tangga.
Direktur Usaha dan Investasi Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Kementerian Kelautan dan Perikanan Sadullah Muhdi mengatakan, peluang investasi di bisnis ini sangat bagus setelah sawit mengalami banyak kendala.
Saat ini tercatat 23 industri pengolahan rumput laut di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kelautan, total produksi pada 2008 mencapai 2,15 juta ton dengan nilai ekspor US$ 124,26 juta atau setara Rp 1,12 triliun. Cina menjadi tujuan ekspor rumput laut terbesar dari Indonesia. ADISTI DINI INDRESWARI
Sumber: http://www.korantempo.com/


reff : http://perikanannews.blogspot.com/2010/08/indonesia-produsen-rumput-laut.html


Related video : Indonesia Produsen Rumput Laut


Previous
Next Post »