BERBAGAI ISTILAH DALAM LAMBUNG KAPAL


a. Lambung Kapal
Badan kapal biasanya panjang dan simetris terhadap bidangtengah memanjang kapal. Kapal pada umumnya di bagian tengahberbentuk persegi panjang dengan kedua sudut dibawahnya dibulatkan.Dihaluan dan buritan bentuknya mendekati huruf V (fi). Bagian depandisebut HALUAN, bagian belakang disebut BURITAN, bagian bawahdisebut ALAS, dan kedua dinding disamping disebut SISI atauLAMBUNG. Alas bersama lambung kiri dan kanan disebut KULIT LUAR.Kulit luar yang berada di atas permukaan air atau jarak vertikal seluruhlambung kapal yang diukur dari tepi deck ke garis muat disebutLAMBUNG BEBAS (FREE BOARD). Kulit kapal baja masing-masingpelatnya dapat dihubungkan dengan cara las atau cara keling. Cara lasadalah menghubungkan pelat setelah terlebih dahulu bagian pelat yangakan disambung dicairkan, dan cara keling adalah menyambung pelatmenggunakan paku keling.


b. Geladak
Lapisan yang menghubungkan bagian atas kapal disebut DECKatau GELADAK. Geladak ditopang oleh balok geladak. Geladak dibuattidak datar, akan tetapi melengkung ke arah melintang yang disebutCEMBUNG GELADAK dan mendukung ke arah memanjang disebutLENGKUNG GELADAK atau GAING. Geladak paling atas yang menerussepanjang kapal disebut GELADAK UTAMA dan geladak yang terletak diatas ruang timbul disebut GELADAK KIMBUL, di atas ruang akil disebutGELADAK AKIL, di atas anjungan disebut GELADAK JEMBATAN dangeladak untuk menempatkan sekoci disebut GELADAK SEKOCI.


c. Kimbul
KIMBUL adalah bangunan yang berdinding tipis selebar kapal diatas geladak utama yang berada di bagian buritan, di bagiantengah adalah ANJUNGAN dan di depan adalah AKIL. Pada geladakutama dibuat lubang palka untuk lewat barang muatan kapal ke dan daridalam palka. Lubang palka diberi penutup palka.


d. Dasar Berganda
DASAR BERGANDA (Double Bottom) adalah dasar yang rangkapdua. Sebelah luar alas kapal dan sebelah dalam alas dalam (Top Tank)digunakan untuk :
Mempertinggi keselamatan kapal di dalam pelayaran bila terjadikerusakan pada dasar kapal.
Sebagai tempat ?air ballast? bila kapal berlayar tanpa muatan.
Sebagai tempat penyimpanan bahan bakar, minyak pelumas dan airtawar.
Dengan diisinya ruang dasar berganda dengan muatan cair dapatmemperbaiki stabilitas.



e. Ruang Pemisah (Cofferdam)
Ruangan yang terdapat pada dasar berganda untuk memisahkantangki-tangki yang diisi dengan cairan yang berbeda jenis.


f. Sekat Kedap Air (Bulk Head)
Ada 2 (dua) macam sekat kedap air yaitu :
Sekat Kedap Air Melintang (Transversal Bulk Head)
Sekat Kedap Air Memanjang (Longitudinal Bulk Head)

Sekat kedap air berguna untuk :
Membagi kapal atas beberapa bagian (Kompertment) yang kedapair.
Menambah kekuatan melintang kapal
Mencegah atau membatasi menjalarnya api apabila terjadikebakaran dan air apabila terjadi kebocoran pada salah saturuangan.

Banyaknya sekat kedap air melintang yang harus dipasang menurutketentuan SOLAS adalah :
Satu buah sekat pelanggaran (Collision Bulk Head)
Satu buah sekat kedap air kamar mesin bagian depan
Satu buah sekat kedap air kamar mesin bagian belakang
Satu buah sekat kedap air belakang (After Peak Bulk Head)



g. Tangki Ceruk (Peak Tank)
Tangki Ceruk ada 2 macam antara lain :
Ceruk Haluan (Fore Peak Tank), yaitu tangki yang dibatasi bagian depanoleh linggi haluan dan di belakang oleh sekat pelanggaran. Ceruk haluandipergunakan untuk tangki ballas atau bak rantai jangkar.
Ceruk Buritan (After Peak Tank) yaitu, tangki yang dibatasi oleh linggiburitan dan dinding sekat kedap air belakang. Ceruk buritan bergunauntuk air ballast.



h. Linggi
Badan kapal dilengkapi oleh bagian depan dengan linggi haluan(Stem) dan bagian belakang dengan linggi buritan (Stern Post) yangmerupakan ujung-ujung yang kokoh untuk suatu kapal.

1. Linggi Haluan (Stem)
Ada beberapa bentuk linggi haluan yang kita ketahui yaitu :
a. Linggi tegak (Vertical Stem)
b. Linggi condong (Racked Stem)
c. Linggi bulba (Bulb Stem)
d. Linggi Maier (Maier Stem)
e. Linggi Gunting (Clipper Stem)
f. Linggi Pemecah Es (Ice Breaker Stem)


2. Linggi Buritan (Stern Post)
Ada beberapa bentuk linggi buritan antara lain :
a. Bentuk Eliptik.
b. Bentuk Jelajah (Cruiser) dengan kemudi imbang.
c. Bentuk Jelajah (Cruiser) dengan kemudi gantung.
d. Bentuk Balok Lintang (Transom)
i. Kemudi
Kemudi berfungsi untuk mengolah gerak kapal. Untukmenggerakkan daun kemudi yang berada di bawah permukaan air,dipergunakan mesin kemudi yang dihubungkan dengan poros kemudipada ruang mesin kemudi. Mesin kemudi dapat dioperasikan dari ruangnahkoda yang berada di anjungan.

Ada bermacam-macam bentuk dan jenis daun kemudi antara lain :
Kemudi Balancir
Kemudi plat tunggal
Kemudi plat ganda

j. Kamar Mesin
Mesin kapal mempunyai ruangan tersendiri yang disebut kamarmesin. Dalam kamar mesin ini diletakkan Mesin Induk (Main Engine),mesin Bantu (Auxilary Engine), pompa-pompa, kompresor dansebagainya. Lebar kamar mesin selebar kapal sedangkan panjangnyakurang lebih 15 % dari panjang kapal. Adapun letak kamar mesin ini adadi belakang atau ditengah-tengah kapal. Pada kapal ikan, umumnyaditempatkan di tengah, hal ini dimaksudkan untuk memberikankeleluasaan kepada anak buah kapal agar dapat bekerja di bagianbelakang pada kapal ikan.

j. Palka Ikan
Ruang palka (ruang muat) adalah ruangan dibawah geladakgunanya untuk tempat menyimpan muatan kapal. Barang muatan harusdapat tersimpan dengan baik, tidak rusak dan tidak busuk.Karena itu ruangan palka harus dapat memenuhi beberapa persyaratantertentu diantara ialah :
Ruang palkah harus kedap air, artinya barang yang ada di dalamruang palka tersebut harus dapat dijamin tidak kemasukan air.
Ruang palka harus tidak mudah terpengaruh panas dari luar sehinggaes yang di dalam palka tidak mudah mencair atau suhu yang rendah didalam palka tidak mudah berubah naik.



Rangkuman
Bangunan kapal terdiri dari :
- lambung kapal
- geladak
- kimbul
- dasar berganda
- ruang pemisah
- sekat kedap air
- tangki ceruk
- linggi
- kemudi
- kamar mesin
- palkah

Sedekit pengetahuan semoga bermanfaat

Sumber: Modul Identifikasi Struktur dan Bagian-Bagian Kapal Perikanan



reff : http://rustadhieperikanan.blogspot.com/2014/11/berbagai-istilah-dalam-lambung-kapal.html


Related video : BERBAGAI ISTILAH DALAM LAMBUNG KAPAL


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
June 22, 2017 at 11:29 PM delete

ASSALAMUALAIKUM SAYA ATAS NAMA PAK EKO ASAL MAJALENGKA KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI , PESUGIHAN YANG AKI BERIKAN ALHAMDULILLAH BERHASIL (1,5) MILIAR SAYA DAPAT, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNASI DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB KI_SHOLEH_PATI_085_244_669_169_SUPAYA LEBIH JELAS SILAHKAN KLIK-> PESUGIHAN UANG GAIB terima kasih.

Reply
avatar