smk jurusan perikanan gak laku

Hingga kini, satu jurusan di SMK Negeri 2 Pacitan
masih kekurangan murid. Dari pagu sebanyak 64 siswa, baru terpenuhi 54 orang. "Untuk jurusan agrobisnis perikanan masih kurang 10 orang," ujar Ketua II Panitia Penerimaan Siswa Baru (PSB) sekolah setempat, Miswanto, Rabu (7/7/2010).
Belum terpenuhinya kuota itu, kata Miswanto, hanya karena calon siswa belum begitu paham dan mengetahui prospek perikanan di masa datang. Apalagi, di Jawa Timur hanya ada beberapa sekolah dengan jurusan serupa. "Tahunya, kalau ke SMEA (nama lama sebelum berubah jadi SMK) ya ingin mendaftar di jurusan akuntansi atau administrasi perkantoran," jelasnya.

Dari lima jurusan yang dibuka, kedua jurusan tersebut memang banjir peminat. Sehingga, beberapa siswa yang sempat menyimak pengumuman di online namun peringkatnya tergeser memilih pindah jurusan atau bahkan pindah ke sekolah lain.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah pendaftar di SMK Negeri 2 tahun ini turun sekitar 10 persen. Penyebabnya, sekarang hampir di setiap wilayah kecamatan berdiri sekolah-sekolah kejuruan. "Tahun ini kita dapat pagu 460 murid baru. Dan 30 persennya berasal dari jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Bakat)," terang Miswanto.beritajatim.com
Sumber: http://www.smkbisa.com/



reff : http://perikanannews.blogspot.com/2010/08/smk-jurusan-perikanan-gak-laku.html


Related video : smk jurusan perikanan gak laku


Previous
Next Post »