penyuluhan sebagai suatu sistem

Penyuluhan sebagai Suatu Sistem Peningkatan Produksi
Produksi Pangan dewasa ini diperhadapkan kepada berbagai problema. Mulai dari problema SDM pengelola Usaha Produksi sampai kepada Teknologi, informasi pemasaran dan Permodalan. Bahkan segala permasalahan bertitik awal pada Kebijakan peningkatan produksi. Pemerintah telah memberikan kebijakan pengembangan produksi pangan dengan berbagai regulasi melalui UU, Peraturan-peraturan, keputusan-keputusan, instruksi-instruksi yang kesemua itu mengarahkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. yang menjadi masalah utama adalah bagaimana mengimplementasikan semua kebijakan dan bagaimana sikap dan keprofesionalisme pelaku implementasi kebijakan tersebut.

Produksi pangan wajib meningkat, peran semua stakeholder (pemerintah, swasta, masyarakat, lembaga pendidikan dan permodalan, koperasi)adalah MUTLAK. Salah satu upaya pengimplementasian kebijakan pemerintah adalah melalui kegiatan penyuluhan.

Sulawesi Selatan sebagai salah satu wilayah yang memiliki potensi perikanan, pertanian dan kehutanan memberikan satu kewajiban dan tanggungjawab kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mempertahankan potensi 3 sektor ini.Pemerintah melalui program peningkatan ekonomi masyarakat mengamanatkan peningkatan produksi pangan seperti padi, kakao, sapi, udang, bandeng, rumput laut dan pengembangan kawasan hutan rakyat.

Fantastis...fantastis...

penyuluhan sebagai suatu sistem peningkatan produksi lebih mengarah pada bagaimana program penyuluhan mampu meningkatkan produksi melalui penyelenggaraan penyuluhan yang optimal (bermanfaat dan tepat sasaran). peran penting penyuluh sebagai ujung tombak implementasi kebijakan produksi pangan sangat penting. Penyuluh yang memiliki kompetensi (pengetahun, keterampilan dan sikap perilaku) bertanggungjawab penuh terhadap peningkatan produksi.

ayo penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan... tunjukkan bahwa kita bisa mempersembahkan yang terbaik buat Petani, Nelayan, Pembudidaya ikan, wana tani.
mari kita wujudkan 1 (satu) penyuluh mampu membina dan mengangkat 6 KK dari belenggu kemiskinan setiap tahunnya.

selamat bekerja dan semoga sukses. Allah SWT Maha Melihat.

reff : http://rachmadyazis.blogspot.com/2011/04/penyuluhan-sebagai-suatu-sistem.html


Related video : penyuluhan sebagai suatu sistem


Previous
Next Post »