Pasar Ikan Hias Tahap II Rampung Agustus

Pasar Ikan Hias Tahap II Rampung Agustus
SURABAYA - Pembangunan pasar ikan hias tahap II senilai Rp 2,4 miliar segera rampung. Pemkot menargetkan, pembangunan pasar yang berlokasi di Jalan Gunungsari itu selesai Agustus nanti. Rencananya, pasar tersebut menampung pedagang ikan hias di Jalan Irian Barat.

Kepala Dinas Perikanan, Kelautan, Peternakan, Pertanian, dan Kehutanan (DPKPPK) Pemkot Surabaya Syamsul Arifin mengatakan, pihaknya sudah mendata pedagang ikan di Jalan Irian Barat yang akan direlokasi ke pasar ikan hias tahap II. Dari pendataan itu diketahui bahwa pedagang berjumlah 150 orang.

Pasar ikan hias, kata Syamsul, diperuntukkan bagi pedagang asli Surabaya. Dari hasil pendataan itu, ada 80 pedagang yang merupakan warga asli Surabaya. Sedangkan 70 orang adalah warga luar kota seperti Tulungagung, Blitar, dan Tuban.

Syamsul menjelaskan, sebagian besar pedagang ikan hias di Jalan Irian Barat adalah pedagang grosir. Kendati demikian, hal itu tidak bakal berdampak terhadap penjualan pedagang eceran di pasar ikan hias tahap I yang lokasinya bersebelahan dengan pasar tahap II. Sebab, pedagang grosir praktis melayani pembeli dengan skala besar.

"Kalaupun nanti ada orang yang membeli eceran di pedagang grosir, tentu harga yang dipatok sama dengan pedagang eceran. Jadi, pedagang grosir tidak akan mematikan pedagang eceran," terang Syamsul.

Dia mengatakan, jika pedagang ikan sudah direlokasi, mereka diminta untuk berjualan rutin tiap hari. Sebab, sebagaimana diketahui, selama ini mereka hanya berjualan seminggu dua kali di Jalan Irian Barat. Yaitu, tiap malam Rabu dan Minggu.

"Pedagang yang berjualan di pasar ikan hias harus mengikuti aturan main yang ada. Kami minta mereka berjualan setiap hari. Bahkan, 24 jam pun, kami persilakan," jelas Syamsul. (kit/c8/oni) Pasar Ikan Hias

Tahap / Dana Pembangunan / Pedagang

I / Rp 2,4 miliar / Pedagang eceran (Jalan Patua)

II / Rp 1,8 miliar / Pedagang grosir (Jalan Irian Barat)

Keterangan:

Lokasi keduanya di Jalan Gunungsari

Tahap I sudah beroperasi, tahap II dalam proses pembangunan.

Sumber: Pemkot Surabaya

---Sumber : Jawa Pos

Teknologi


reff : http://perikanannews.blogspot.com/2010/07/pasar-ikan-hias-tahap-ii-rampung.html


Related video : Pasar Ikan Hias Tahap II Rampung Agustus


Previous
Next Post »