Larangan Impor 5 Jenis Ikan Famili Poeciliidae

Berikut Jenis - Jenis Ikan Poeciliidae
Ikan jenis Poeciliidae termasuk jenis ikan yang tidak boleh diimpor dari luar negeri seperti :  Gambusia affinis, Gambusia holbrooki, Phalloceros caudimaculatus, Poecilia reticulata, Phalloceros caudimaculatus, Xiphophorus helleri.  Menurut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER.17/MEN/2009 tentang Larangan Pemasukan Beberapa Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia, dan dari Global Invasive Species Database,ISSG (The Invasive Species Specialist Group).

1. Gambusia affinis

Nama Ilmiah : Gambusia affinis
Nama Umum : mosquito fish, western mosquitofish.

Taksonomi Gambusia affinis
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cyprinodontiformes
Famili : Poeciliidae
Genus : Gambusia

Deskripsi Gambusia affinis
Gambusia affinis adalah ikan air tawar berukuran kecil dengan perut gemuk, punggung sedikit melengkung, kepala besar dengan permukaan bagian atas datar, mulut kecil, mata relatif besar, batang ekor panjang dengan bentuk sirip ekor yang membulat. Seluruh permukaan tubuh ditutupi oleh sisik yang besar dan tidak memiliki garis lateral. Ikan jenis ini memiliki warna hijau zaitun kecoklatan, abu-abu kebiruan dengan warna perut yang putih keperakan. Ukuran panjang tubuh ikan jantan hingga mencapai 40 mm sedangkan untuk ikan betina mencapai panjang 70 mm.

Habitat/Ekologi Gambusia affinis
Gambusia affinis hidup di perairan tawar dan juga payau dengan kisaran pH 6,0 sampai dengan 8,0 dan pada suhu diantara 12 °C - 29 °C. Dalam periode singkat, ikan ini mampu mentolerir keadaaan lingkungan seperti kandungan oksigen terlarut yang sedikit, salinitas yang tinggi, dan suhu yang mencapai 42 °C. Mereka mudah ditemukan di perairan umum seperti kolam, danau, dan sungai berair tenang.

Penyebaran Daerah Asli Gambusia affinis
Armenia, Meksiko

Penyebaran Daerah Asing Gambusia affinis
Afganistan, Albania, Argentina, Asia, Bangladesh, Bolivia, Kanada, Chili, Cina, Siprus, Mesir, Fiji, Perancis, Polinesia Prancis, Ghana, Yunani, Guam, Hong Kong, Hongaria, India, Indonesia, Iran, Irak, Israel, Italia, Jepang, Kazakhstan, Kenya, Libanon, Madagaskar, Malaysia, Kepulauan Marshall, Myanmar, Selandia Baru, Kepulauan Mariana Utara, Pakistan, Papua Nugini, Peru, Pilipina, Portugal, Puerto Rico, Rumania, Federasi Rusia, Samoa, Arab Saudi, Kepulauan Solomon, Afrika Selatan, Spanyol, Sri Lanka, Sudan, Syrian, Taiwan, Thailand, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, Vietnam.

Dampak Gambusia affinis
Ikan ini bereproduksi sangat cepat dan juga medominasi suatu habitat sehingga mengakibatkan persaingan dalam hal makanan dan sumberdaya penting lainnya. Ikan jenis ini diketahui sebagai ikan indikator/pemakan nyamuk dan sebagai inang suatu jenis cacing parasit yang bisa ditularkan kepada jenis ikan lainnya.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Ameiurus nebulosus

2. Gambusia holbrooki

Nama Ilmiah : Gambusia holbrooki
Nama Umum : eastern mosquitofish.

Taksonomi Gambusia holbrooki
Kingdom : Animalia
Filum :Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cyprinodontiformes
Famili : Poeciliidae
Genus : Gambusia

Deskripsi  Gambusia holbrooki
Gambusia holbrooki atau dikenal dengan sebutan eastern mosquitofish adalah ikan kecil agresif yang berasal dari Amerika Serikat bagian selatan. Warna ikan jenis ini adalah hijau zaitun kecoklatan di bagian belakang, abu-abu kebiruan di bagian sisi dan putih keperakan di bagian perut. Ikan betina memiliki bercak hitam yang berbeda dan memiliki ukuran lebih besar daripada ikan jantan yaitu dengan standar length maksimum ikan betina mencapai 60 mm sedangkan ikan jantan 35 mm.

Habitat/Ekologi Gambusia holbrooki
Gambusia holbrooki hidup di perairan tawar seperti danau dan saluran air. Ikan jenis ini lebih menyukai perairan yang hangat, tenang atau mengalir lambat, dan memiliki banyak vegetasi air dengan kedalaman perairan kurang dari 10 cm. Meskipun ikan ini dapat mentolerir berbagai kondisi lingkungan, mereka cenderung menghindari debit air yang mengalir deras dan perairan yang memiliki vegetasi yang menutupi badan air yang mengakibatkan mereka susah untuk mencari makan.

Penyebaran Daerah Asli Gambusia holbrooki
Ikan ini endemik di wilayah selatan Alabama, Florida dan sepanjang pesisir utara Atlantik.

Penyebaran Daerah Asing Gambusia holbrooki
Armenia, Australia, Bulgaria Etiophia, Perancis, Hongaria, India, Iran, Irak, Italia, Madagaskar, Mauritius, Portugal, Reunion, Federasi Rusia, Singapura, Spanyol, Turki, Turkmenistan.

Dampak Gambusia holbrooki
Gambusia holbrooki menimbulkan dampak terhadap beberapa jenis ikan dan amphibi di suatu perairan dengan cara predasi telur dari ikan dan amphibi tersebut. Dengan demikian, jenis ikan dan amphibi yang telurnya dimakan tidak dapat berkembang biak dan menghasilkan keturunan. Selain itu ikan jenis ini juga berdampak terhadap penurunan populasi makroinvertebrata seperti rotifera dan mollusca.

Baca Juga : Larangan Impor Ikan Clarias batrachus

3. Phalloceros caudimaculatus

Nama Ilmiah : Phalloceros caudimaculatus
Nama Umum : caudo, speckled mosquitofish, spottail mosquitofish, spotted livebearer.

Taksonomi Phalloceros caudimaculatus
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cyprinodontiformes
Famili : Poeciliidae
Genus : Phalloceros

Deskripsi Phalloceros caudimaculatus
Phalloceros caudimaculatus adalah spesies ikan kecil yang berasal dari Amerika Selatan. Punggung yang sedikit melengkung dan perut sedikit buncit di depan sirip anal. Mulut kecil dan ekor yang membulat. Warna ikan jenis ini bervariasi, diantaranya adalah abu-abu zaitun dengan warna sisik margin gelap yang membentuk pola tertentu pada bagian sisi. Warna bercak hitam legam menyebar di bagian sisi dan di bagian sirip.

Habitat/Ekologi Phalloceros caudimaculatus
Ikan jenis ini hidup di perairan tawar seperti danau dan saluran air. Ikan jenis ini lebih menyukai perairan yang tenang atau air yang mengalir lambat dan memiliki banyak vegetasi air dengan kedalaman perairan kurang dari 10 cm. Ikan ini bisa hidup pada kondisi perairan dengan suhu 5 °C.

Penyebaran Daerah Asli Phalloceros caudimaculatus
Brazil, Paraguay, Uruguay.

Penyebaran Daerah Asing Phalloceros caudimaculatus
Australia, Malawi, Selandia Baru.

Dampak Phalloceros caudimaculatus
Ikan Phalloceros caudimaculatus sangat agresif dan menyerang jenis ikan lainnya. Ikan ini bereproduksi sangat cepat dan juga mendominasi suatu habitat, sehingga mengakibatkan persaingan dalam hal makanan dan sumberdaya penting lainnya.

Baca Juga : 4 Jenis Famili ikan Channidae yang dilarang di Impor

4. Poecilia reticulata

Nama Ilmiah : Poecilia reticulata
Nama Umum : guppy, million fish, millions, rainbow fish.

Taksonomi Poecilia reticulata
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cyprinodontiformes
Famili : Poeciliidae
Genus : Poecilia

Deskripsi Poecilia reticulata
Poecilia reticulata adalah ikan kecil bentopelagis oportunistik. Ukuran ikan jantan lebih kecil dibandingkan dengan ikan betina dan memiliki sirip ekor yang berwarna-warni.

Habitat/Ekologi Poecilia reticulata
Ikan jenis ini dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari kolam dengan air yang keruh, parit atau saluran air dan perairan lain baik yang terletak di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Ikan ini dapat hidup pada perairan dengan rentang salinitas yang luas tetapi membutuhkan suhu yang cukup hangat yaitu berkisar diantara 23 - 24 °C dan di perairan yang bevegetasi dengan aliran air yang tenang.

Penyebaran Daerah Asli Poecilia reticulata
Anguilla, Antigua and Barbuda, Barbados, Brazil, Kuba, Guyana Perancis, Grenada, Guyana, Jamaica, Antillen Belanda, Puerto Rico, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Amerika Selatan, Trinidad dan Tobago, Venezuela

Penyebaran Daerah Asing Poecilia reticulata
Aljazair, Australia, Bahrain, Kanada, Cina, Komoro, Kongo, Kosta Rika, Perancis, Guyana Perancis, Polinesia Prancis, Ghana, Guadeloupe, Guam, Indonesia, Irlandia, Jepang, Kenya, Laos, Malaysia, Martinique, Mauritius, Mayotte, Meksiko, Moroko, Myanmar, Namibia, New Caledonia, Papua Nugini, Paraguai, Peru, Pilipina, Reunion, Senegal, Singapore, Afrika Selatan, Suriname, Tanzania, Thailand, Uganda, Amerika Serikat, Vietnam.

Dampak Poecilia reticulata
Poecilia reticulata merupakan ikan yang dianggap sebagai bahaya bagi cyprinid dan killifishes di Amerika Serikat. Ikan jenis ini terlibat dalam penurunan populasi ikan endemik di Nevada dan Wyoming, dan ikan asli damselflies di Hawaii. Ikan ini diketahui sebagai carrier parasit trematoda dan sebagai inang dari nematoda parasit Camallanus cotti dan cacing pita asia (The Asian Tapeworm) Bothriocephalus acheilognathi di Hawaii.

Baca Juga : 11 Ikan yang dilarang di Impor Family Cyprinidae

5. Xiphophorus helleri

Nama Ilmiah : Xiphophorus helleri
Nama Umum : green swordtail

Taksonomi Xiphophorus helleri
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Cyprinodontiformes
Famili : Poeciliidae
Genus : Xiphophorus

Deskripsi  Xiphophorus helleri
Beberapa spesies dalam genus Xiphophorus biasa disebut platyfish (atau platies) atau swordtails. Ikan ini berukuran kecil dengan panjang maksimum 2,5 - 14 cm (1,0 - 5,5 inchi). Panjang maksimum Green swordtail jantan 14 cm (5,5, inchi) dan betina 16 cm (6,3 inchi). Nama "swordtail" berasal dari lobus bagian bawah jantan yang memanjang dari sirip ekor (tailfin). Ukuran betina lebih besar dibandingkan jantan namun bentuk ikan jantan lebih indah dibanding betina. Mempunyai ciri khas pada ekor (pedang) berupa garis lateral berwarna merah atau coklat, kadang-kadang pada jantan berwarna kuning dan kehitaman di bagian bawah.

Habitat/Ekologi  Xiphophorus helleri
Ikan ini salah satu ikan tropis yang paling popular dipelihara di akuarium.

Penyebaran Daerah Asli Xiphophorus helleri
Amerika Tengah (Guatemala, Honduras, khususnya di Mexico).

Penyebaran daerah asing Xiphophorus helleri
Telah menyebar hampir ke seluruh negara kecuali Antartika.

Baca Juga : Larangan Impor 2 Jenis Family Ikan Gobiidae

Dampak Xiphophorus helleri
Ikan ini menjadi hama pengganggu yang terkenal di sejumlah negara dapat menyebabkan kerusakan ekologi, karena kemampuannya bereproduksi sangat cepat dan dalam jumlah tinggi.

Baca Juga: Belajar Ekspor dan Impor Ikan Olahan atau Ikan Hidup

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula
Semoga Bermanfaat


reff : http://www.alamikan.com/2014/12/larangan-impor-5-jenis-ikan-famili.html


Related video : Larangan Impor 5 Jenis Ikan Famili Poeciliidae


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
September 6, 2018 at 1:03 AM delete

Terimakasih infonya. Jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2NjQtoh

Reply
avatar