Inilah Macam-macam Umpan Mancing Buatan

Ingin tahu apa sajakah macam-macam umpan mancing buatan? Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai jenis umpan mancing buatan telah banyak dikembangkan. Ada umpan yang sengaja diperuntukkan guna memancing di perairan asin (saltwater), namun tidak sedikit pula umpan tiruan yang diproduksi khusus untuk dipakai di perairan tawar (freshwater).

Selain dibuat oleh pabrik, umpan buatan ini juga bisa dibuat sendiri lho. Bahkan kami pernah memberikan panduan pembuatan metal jig dari sendok di sini. Menariknya, terdapat banyak sekali ragam umpan mancing tiruan yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Kira-kira apa saja ya? Yuk, kita belajari secara bersama-sama!

umpan-mancing-buatan.jpg

Umpan 1 : Minnow

Umpan ini dinamakan minnow karena wujudnya dibuat menyerupai ikan minnow. Lure ini bisa digunakan di perairan tawar dan asin dengan hasil yang cukup efektif, terutama untuk memburu ikan yang sedang kelaparan. Umpan minnow biasanya terbuat dari metal, kayu, plastik, atau kombinasi dari berbagai material. Ada empat tipe minnow yaitu floating type, shallow type, sinking type, dan deep type.

Umpan 2 : Jig

Dalam bahasa inggris, jig berarti menari dengan irama yang sangat cepat. Umpan ini disebut jig sebab dalam penggunaannya umpan harus dinaikturunkan dan digoyang-goyangkan dengan gerakan yang cepat. Umpan ini umumnya dibuat dari material timah yang memiliki berat jenis lebih besar daripada besi. Agar kelihatan menarik, jig selalu dihiasi dengan karet, skirt, dan bulu binatang. Terdapat tiga jenis jig antara lain tell-weighted jig, centre-weighted jig, dan jig head.

Umpan 3 : Konahead

Bentuk umpan ini sekilas mirip sekali dengan cumi-cumi. Paling pas apabila umpan ini dikombinasikan dengan teknik trolling. Target ikan yang sering kali diincar menggunakan umpan konahead misalnya ikan tuna dan ikan layaran.

Umpan 4 : Popper

Popper merupakan umpan tiruan yang dapat berenang di permukaan air. Uniknya saat umpan ini ditarik, maka akan muncul suara cipratan air yang khas. Hal ini diklaim dapat meningkatkan potensi umpan dimakan oleh ikan bidikan. Bahan baku pembuatan popper yaitu kayu dan plastik. Macam-macam popper di antaranya chugger, pencil, dan stickbait.

Umpan 5 : Spoon

Umpan ini umumnya terbuat dari sendok sehingga disebut spoon/spun. Seiring dengan berjalannya waktu, pembuatan spoon dilakukan secara khusus menggunakan logam lain, tetapi bentuknya masih mempertahankan konsep awal. Spoon termasuk umpan tiruan yang bersifat fleksibel sebab bisa digunakan untuk memancing ikan permukaan dan ikan dasaran.

Umpan 6 : Squid

Squid adalah umpan yang dibuat spesial untuk memancing cumi-cumi. Pada umumnya, umpan ini dibentuk menyerupai udang-udangan yang berukuran kecil. Sementara itu, pembuatan squid biasanya dilakukan menggunakan material plastik.

Umpan 7 : Spinner

Spinner memiliki bagian yang dapat berputar. Bagian badan utamanya berbentuk spoon yang dilengkapi dengan bulu-bulu. Putaran dari bagian blade dapat menghasilkan dengung suara atau getaran tertentu. Hal inilah yang bisa menarik perhatian ikan-ikan di sekitarnya untuk datang mendekati umpan tersebut.

Umpan 8 : Flies

Flies adalah umpan yang dibentuk menyerupai serangga seperti lalat, kupu-kupu, capung, belalang, dan sebagainya. Banyak pula yang berpendapat kalau penamaan flies karena umpan ini bisa terbang di atas air lalu tenggelam lagi, begitu seterusnya. Umpan ini terdiri atas mata pancing/hook dan bulu-bulu yang saling menyatu. Paling cocok jika Anda memadukan umpan ini dengan teknik memancing fly fishing.

Umpan 9 : Froggy

Pasti Anda sudah bisa menebak kalau umpan ini mempunyai bentuk layaknya kodok. Froggy terbuat dari karet, silikon, kayu, atau resin. Umpan ini biasanya dilengkapi dengan mata kail yang terbuka. Selanjutnya umpan tersebut akan dimain-mainkan sedemikian rupa supaya dapat melompat-lompat di atas permukaan air.

Umpan 10 : Kucir

Umpan kucir adalah umpan yang dilengkapi dengan rumbai-rumbai. Rumbai-rumbai ini ditempelkan di bagian atas dan bawah timah/besi pemberat. Konon umpan kucir sangat ampuh digunakan untuk memancing dasaran, khususnya di perairan dengan kedalaman yang terletak pada 10 m di bawah permukaan laut.

Selain jenis-jenis di atas, ragam umpan tiruan juga dapat dikelompokkan menurut bahan baku, daya apung, dan target ikan yang ingin dipancing.

Bahan Baku

Berdasarkan bahan bakunya, ada empat macam umpan mancing buatan antara lain :

  1. Logam contohnya metal jig, spoon lure, dan kucir.
  2. Karet/silikon biasanya berbentuk ikan, udang, atau cumi-cumi.
  3. Nonlogam/nonplastik yaitu kayu, fiber, atau resin yang dibentuk ikan kecil, ikan sarden, atau kodok.
  4. Kombinasi antara bahan metal, plastik, kayu, dan material lainnya.

Daya Apung

Sedangkan menurut daya apungnya di air, jenis-jenis umpan tiruan yaitu :

  1. Floating type/surface lure/top water lure adalah umpan yang berada di permukaan air tujuannya untuk mendapatkan ikan-ikan permukaan.
  2. Suspending type ialah umpan yang melayang, berada di tengah-tengah air, serta posisinya setengah terapung dan setengah tenggelam. Umpan ini biasanya dilengkapi dengan pemberat dan pelampung untuk membantu mempertahankan kedudukannya. Jenis lain umpan melayang yakni rapping plug yang dapat berenang secara zig-zag di dalam air. Ada pula subsurface lure yaitu umpan terapung yang otomatis akan sedikit tenggelam ketika ditarik.
  3. Sinking type merupakan umpan yang dilengkapi dengan pemberat berbahan logam sehingga cepat sekali tenggelam ke dasar air. Versi lainnya yakni diving lure yang mampu mengembang saat dibiarkan lalu tenggelam ketika ditarik.

Target Ikan

Anda pun perlu mengetahui jenis-jenis umpan buatan berdasarkan target ikan yang ingin ditangkap, misalnya :

  1. Shallow type adalah umpan untuk target ikan yang hidup di perairan dangkal dan dekat dengan permukaan air. Contohnya yaitu minnow floating, froggy, dan lain-lain.
  2. Deep type adalah umpan yang dirancang khusus untuk target ikan yang tinggal di kedalaman air. Contohnya yaitu metal jig, kucir, dan sebagainya.


reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/08/inilah-macam-macam-umpan-mancing-buatan.html


Related video : Inilah Macam-macam Umpan Mancing Buatan


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
August 28, 2018 at 7:03 PM delete

Terimakasih infonya sangat membantu, jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2ohZxf3

Reply
avatar