900 Ilmuwan akan hadir di konferensi ATBC di Bali

900 Ilmuwan akan hadir di konferensi ATBC di Bali
Oleh: Yeni H. Simanjuntak

JAKARTA (Bisnis.com): Sebanyak 900 ilmuwan dari 60 negara, 300 ilmuwan di antaranya berasal dari Indonesia, akan hadir dalam acara konferensi ilmiah Association for Tropical Biology and Conservation (ATBC) 2010 yang akan digelar di Bali pada 19 Juli hingga 23 Juli.

ATBC merupakan organisasi profesi internasional dalam hal biologi dan pelestarian alam tropika. Organisasi tersebut mengadakan pertemuan rutin tahunan sejak 1963, terutama di negara-negara tropis.

Konferensi ATBC 2010 yang bertema Keanekaragaman Tropika : Menghadapi Krisis Pangan, Energi, & Perubahan Iklim tersebut, diselenggarakan atas kerja sama Universitas Indonesia dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), serta didukung oleh 12 organisasi lainnya.

Lukman Hakim, Kepala LIPI, mengatakan pertemuan tersebut diharapkan dapat membuat Indonesia lebih berperan dalam masalah keragaman hayati di level internasional.

Deklarasi yang akan dihasilkan dalam pertemuan itu akan menjadi masukan bagi berbagai konvensi internasional yang ujungnya akan menjadi acuan bagi setiap negara dalam membuat undang-undang ataupun peraturan di negara masing-masing.

?Selama ini, negara-negara yang tidak mempunyai biodiversity, seperti negara di Eropa, malah lebih dominan dalam hal ini,? ujarnya hari ini.

Dia menambahkan berbagai temuan dari riset yang telah dilakukan diharapkan dalam menjadi dasar bagi para pengambil kebijakan.

?Kami ingin science dan kebijakan itu tidak berjauhan.?

Para pengambil kebijakan atau pemerintah yang akan ikut hadir dalam konferensi tersebut antara lain berasal dari Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Kesehatan. Konferensi tersebut juga rencananya dibuka oleh Wakil Presiden Boediono.

Dekan FMIPA Universitas Indonesia Adi Basukriadi, yang juga merupakan ketua panitia pengarah ATBC 2010, mengatakan wakil dari Indonesia telah menyiapkan hal-hal pokok yang akan diusulkan masuk dalam deklarasi yang akan dihasilkan.

?Itu akan dibicarakan pada 19 Juli nanti. Tentu saja lebih menyangkut Indonesia, karena penyelenggaranya adalah Indonesia. Tunggu saja,? katanya.(fh)
Sumber: http://web.bisnis.com/



reff : http://perikanannews.blogspot.com/2010/08/900-ilmuwan-akan-hadir-di-konferensi.html


Related video : 900 Ilmuwan akan hadir di konferensi ATBC di Bali


Previous
Next Post »