Sebentar lagi, Pantai Kondang Merak di Bantur, Kabupaten Malang, akan menjadi desa binaan bagi IAAS (International Association of Students in Agricultural and Related Sciences).

Lowokwaru - Surya- Sebentar lagi, Pantai Kondang Merak di Bantur, Kabupaten Malang, akan menjadi desa binaan bagi IAAS (International Association of Students in Agricultural and Related Sciences). IAAS sendiri merupakan perhimpunan para mahasiswa agrikultur (pertanian, peternakan, dan perikanan) dunia.
Dalam kongres IAAS di Universitas Brawijaya, sejak 13 Juli lalu, pantai yang namanya bahkan belum sepopuler Balekambang atau Ngliyep ini, coba diajukan kepada delegasi se-dunia menjadi village concept project (VCP), atau desa binaan bersama. ?Kami sangat berharap pantai ini bisa menjadi VCP, sehingga nanti kami bisa memberikan sesuatu buat masyarakat di sana,? ujar Hafiz Iqbal Maulana, Direktur IAAS untuk Indonesia yang juga mahasiswa Fakultas Pertanian UB.
Hafiz mengatakan, pihaknya tak sembarangan memilih pantai ini sebagai lokasi penelitian. Sejak 2005, delegasi IAAS UB sudah banyak melakukan kegiatan untuk menstimulasi dinamika di Kondang Merak.
Dalam beberapa observasi dan uji lokasi yang sudah dilakukan, kawasan ini akhirnya disepakati sangat layak menjadi desa binaan. Salah satu pertimbangannya, potensi perikanannya yang luar biasa. ?Namun, diluar potensi itu, kawasan ini juga punya banyak hambatan, di antaranya belum tersedia infrastruktur vital seperti listrik, atau pendidikan bagi warga sekitar. Intinya, kawasan ini punya SDA hebat, tapi SDM-nya masih lemah,? kata Hafiz.
Bila benar Kondang Merak disetujui menjadi VCP, maka menurut Hafiz, akan menjadi keuntungan bagi Kabupaten Malang. Ia membayangkan, sejumlah ide dan pemikiran akan datang dari mahasiswa berbagai negara. ?Semua itu bakal membuat Kondang Merak menjadi salah satu pantai perikanan terbesar, bahkan tidak mungkin sebuah pelabuhan sebagai mimpi jangka panjang,? ucap Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian angkatan 2006 ini.
Pengajuan Kondang Merak sebagai desa binaan IAAS ini sebenarnya sudah dimulai sejak Kongres IAAS diadakan di Belarusia, 2008 lalu. Namun saat itu, pengajuan ini gagal.n ab
Sumber: http://www.surya.co.id/


reff : http://perikanannews.blogspot.com/2010/08/sebentar-lagi-pantai-kondang-merak-di.html


Related video : Sebentar lagi, Pantai Kondang Merak di Bantur, Kabupaten Malang, akan menjadi desa binaan bagi IAAS (International Association of Students in Agricultural and Related Sciences).


Previous
Next Post »