Ahmad Hadadi Terpilih

Ahmad Hadadi Terpilih Sebagai Ketua Ika FPIK Unpad
02 Agustus 2010
Laporan oleh: Malikkul Shaleh
[Unpad.ac.id, 01/08] Sebelum secara resmi berubah statusnya dari Jurusan Perikanan menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Perikanan (FPIK), eksistensi pendidikan tinggi perikanan di Unpad sebenarnya telah ada sejak 45 tahun yang lalu, yaitu sejak tahun 1965. Dan sejak tahun 1996 telah ada program studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP). Selama rentan waktu tersebut, tentu telah banyak alumni lulusan jurusan tersebut yang berhasil, khususnya di bidang perikanan.

Ahmad Hadadi, Ketua Ika PFIK Unpad (Foto: Malikkul Shaleh)
Dalam acara bertajuk Reuni dan Temu Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad ?Bersama Kita Bangun Perikanan dan Kelautan Negara Indonesia?, alumni dari berbagai generasi tersebut dipertemukan kembali. Acara yang juga merupakan rangkaian Dies Natalies FPIK Unpad yang ke-5 ini, dilaksanakan di Aula FPIK Unpad Jln. Raya Bandung Sumedang Km-21, Jatinangor, Sabtu (31/07).
Suasana keakraban dan kekeluargaan tampak terlihat disela-sela acara yang juga dihadiri oleh para civitas academica FPIK itu. Sambil disuguhi dengan berbagai acara hiburan, tidak tampak kecanggungan diantara para alumni yang datang. ?Ini menjadi tujuan dari kegiatan ini. Selain untuk mengumpulkan database para alumni khususnya alumni perikanan, kegiatan ini juga diharapkan bisa memupuk silaturahmi dan komunikasi antara kita. Apalagi fakultas kita masih seumur jagung,? ujar ketua pelaksana temu alumni, Donny Juliandri, S.Pi, Msc.
Terdapat juga acara pembagian hadiah untuk serangkaian lomba yang diadakan selama pelaksanaan Dies Natalies FPIK Unpad yang ke-5. Dimulai sejak 7 Juli, perlombaan yang diikuti oleh mahaiswa dan dosen tersebut mempertandingkan berbagai macam permainan, antara lain sodok bola, tangkap belut, panco ala ikan, bola 3 in 1, dan juga pertandingan olah raga seperti tenis meja, voli, serta futsal. ?Karena kita dari perikanan, maka permainannya pun identik dengan air dan ikan,? tutur Evi Liviawaty salah satu dosen penerima hadiah lomba tenis meja.
Salah satu momen penting dalam kegiatan temu alumni ini adalah pemilihan Ketua Umum Ikatan Keluarga Besar Alumni (Ika) FPIK Unpad. Ir. Ahmad Hadadi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Barat secara aklamasi terpilih menjadi Ketua Ika FPIK Unpad periode 2010-2013. Hadadi menggantikan ketua terdahulu, Ir. H. Muhammad Qudrat Iswara, mantan Ketua Harian Panggar DPRD Provinsi Jabar yang terpilih pada 2005. Sebelum pemilihan berlangsung dibacakan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Kepengurusan periode 2005-2008 oleh salah satu pengurus IKA FPIK Unpad, Ir. Iskandar, MSi.
?Karena Ika FPIK ini kita bangun dengan kekeluargaan, maka pemilihan ketua baru tidak perlu dengan mekanisme yang sesungguhnya, sambil menunggu AD/ART-nya rampung, jadi kita sepakati bersama saja,? ujar Iskandar dalam pidatonya.
Ketika dirinya terpilih, Hadadi merasa kaget dan tersanjung. Namun Alumni Perikanan Unpad angkatan ?81 ini berjanji akan semakin memperkuat jalinan IKA FPIK dengan mengisinya melalui kegiatan-kegiatan positif. ? Nantinya harus kita bangun komunikasi yang baik didalam rumah alumni kita ini, yaitu FPIK Unpad, dan saya kira DKP Jawa Barat bersama Unpad akan bisa saling bersinergi. Saya juga berharap kontribusi dan partisipasi akang eceu alumni berupa pemikiiran dan juga materi. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas kepercayaannya,? ujarnya.
Sementara Dekan FPIK Unpad, Dr. Ir. Ayi Yustiati, MSc mengatakan bahwa ajang silaturahmi ini seperti menjadi wadah bagi semuanya untuk saling berkomitmen untuk lebih jauh membangun perikanan di Indonesia, dan peran alumni merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tujuan itu.
?Begitu berpengaruhnya peran alumni, pada agenda lokakarya penentuan arah kebijakan FPIK, alumni memberikan beberapa masukan penting yang pada akhirnya dirumuskan menjadi kurikulum. Mereka telah banyak mengerti dunia kerja, dan itu diperlukan untuk para mahasiswa kita,? jelas Ayi menambahkan. (eh)* Sumber : http://www.unpad.ac.id/


reff : http://perikanannews.blogspot.com/2010/08/ahmad-hadadi-terpilih.html


Related video : Ahmad Hadadi Terpilih


Previous
Next Post »