Mengenal tentang Jenis-jenis Awan

Pengertian Awan
Pengertian Awan adalah penolong berharga dalam ramalan cuaca karena memperlihatkan, perubahan apa yang sedang terjadi dalam atmosfer. Awan itu sendiri tidak memberitahu kita terlalu banyak. Ahli cuaca harus mengetahui bagaimana ia telah berkembang dengan berubah atau pecah dalam suatu jangka waktu, begitu pula dengan pola yang dibentuk oleh awan tadi. pada umumnya, kemungkinan ada hujan lebih besar kalau awan tinggi yang terpisah menjadi tambah tebal, bertambah jumlahnya dan dasar awan lebih rendah (Alam Ikan 1).



Baca Juga : Alat Tekanan Udara

Menurut (Alam Ikan 1), cuaca  penuh sinar matahari mungkin menjadi biasa jika kabut jadi bersih sebelum tengah hari dan kalau dasar awan menjadi lebih tinggi. Di sini kita memperlihatkan sepuluh jenis awan yang penting dikelompokkan secara internasional, menjadi tiga golongan menurut ukuran tinggi, yaitu : rendah, menengah (sedang), dan tinggi.

1. Awan Tinggi
  • Cirrus (Ci), awan tipis seperti bulu dengan struktur berserat (fibrous).
  • Cirrostratus (Cs), awan tipis menyerupai lembaran yang putih menutupi seluruh langit dan menampilkan gambaran seperti susu. Awan ini seringkali menghasilkan  Halo disekitar matahari / bulan.
  • Cirrocumulus (Cc), serpihan-serpihan masa yang kecil putih / massa yang kecil dan bundar tanpa bayang-bayang. umumnya awan ini tersusun dalam kelompok, garis / riak yang dihasikan dari getaran lembaran awan.
2. Awan Menengah / Sedang
  • Altostratus (As), awan yang berupa lembaran yang seragam bentuknya dengan warna putih kotor / abu-abu. Kadang-kadang corona terbentuk, altostratus umumnya diikuti oleh presipitasi yang meluas dan lama.
  • Altocumulus (Ac), massa awan yang pipih dan globular tersusun dalam bentuk garis / gelombang. Beda dengan Cirrocumulus globular yang terbentuk lebih besar dan sering ada bayangan.
Baca Juga : Perbedaan Organisme Homoiterm dan poikiloterm

3. Awan Rendah
  • Stratocumulus (Sc), massa globular besar atau massa awan bergulung-gulung lembut berwarna abu-abu. Pada umumnya tersusun dalam satu pola yang tetap.
  • Stratus (St), satu lapisan awan rendah yang seragam seperti kabut, tetapi tidak menetap di dekat tanah. Stratus yang tipis menghasikan corona.
  • Nimbostratus (Ns), awan rendah yang rapat tanpa bentuk dan seringkali merupakan awan rendah dengan lapisan yang biasanya menyebabkan timbulnya presipitasi yang terus menerus.
  • Cumulus (Cu), awan yang tebal dan rapat dengan perkembangan vertikal. permukaan bagian atas berbentuk kubah dengan struktur seperti kubis, sedangkan bagian dasarnya hampir horisontal.
  • Cumulonibus (Cb), massa awan yang berat dengan pertumbuhan vertikal yang sangat kuat dengan gunung / menara. Puncak rata merupakan ciri utama biasanya diikuti dengan hujan lebat, tiba-tiba, badai topan dan kadang-kadang hujan es.
Explanation :
Alam Ikan 1 : Wisnubroto, 1981

Sepandai - pandainya tupai melompat sesekali jatuh juga, Sepandai - pandainya seseorang sekali waktu ada salahnya pula. 
Semoga Bermanfaat



reff : http://www.alamikan.com/2012/11/jenis-jenis-awan.html


Related video : Mengenal tentang Jenis-jenis Awan


Previous
Next Post »