Nih, Cara Merawat Ikan Mas Koki biar Cepat Besar!

Bagaimana cara merawat ikan mas koki biar cepat besar? Ikan mas koki merupakan ikan hias yang paling banyak dipelihara oleh para penghobi di Indonesia. Selain terlihat menggemaskan, ikan ini juga terbilang mudah dibudidayakan. Ini dikarenakan ikan mas koki cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya serta memiliki nafsu makan yang cukup rakus.

Daya tarik utama yang dimiliki oleh ikan mas koki terletak pada bentuknya yang membulat sehingga tampak lucu. Warna ikan ini juga sangat menarik. Ada yang berwarna kuning keemasan, merah, hitam, putih, atau perpaduan dari warna-warni tersebut. Gerakan ikan mas koki pun cukup lincah dengan irama yang gemulai.

merawat-ikan-mas-koki.jpg

Untuk dapat merawat ikan mas koki dengan baik, Anda bisa mengikuti panduan ini!

  1. Gunakan Akuarium yang Sesuai

Akuarium yang pas untuk tempat pemeliharaan ikan mas koki paling tidak mempunyai kapasitas 38 liter. Semakin banyak jumlah ikan yang dipelihara di dalamnya, maka ukuran akuarium juga harus semakin besar. Tidak hanya sempit dan menyulitkan pergerakan ikan, penggunaan akuarium yang berukuran kecil juga mengakibatkan peningkatan jumlah amonia akibat kotoran ikan secara drastis.

  1. Pakai Gravel yang Aman

Kebiasaan utama ikan mas koki adalah menggali bagian dasar air untuk mencari makanan. Anda bisa menambahkan gravel ke dalam akuarium untuk mendukung kebiasaan tersebut sekaligus memperindah tampilannya. Pastikan gravel yang dipakai terbuat dari bahan yang aman dan berukuran tidak terlalu kecil agar tidak termakan oleh ikan. Sebelum dimasukkan ke akuarium, gravel-gravel ini juga wajib direndam terlebih dahulu selama 3-5 hari.

  1. Usahakan Mendapatkan Pencahayaan

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan makhluk hidup. Selain dapat meningkatkan kesehatan ekosistem akuarium, pencahayaan yang baik juga bisa memperindah tampilannya. Anda juga bisa memanfaatkan cahaya buatan dengan menyalakan lampu cukup selama 8-12 jam. Gunakan nyala lampu yang cukup agar tidak mengganggu kenyamanan ikan.

  1. Pantau Kondisi Air

Air sebagai habitat ikan sangat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhannya. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk selalu memantau kondisi air. Gunakan pH kit untuk mengecek tingkat keasaman air serta kadar amonia, nitrit, dan nitrat. Pasang alat filtrasi dan aerator untuk menjaga kestabilan kondisi air di dalam akuarium.

  1. Lakukan Penggantian Air

Tujuan utama mengganti air yaitu untuk mengembalikan mineral-mineral terlarut yang telah hilang. Mineral ini berguna untuk menjaga tingkat kecerahan warna pada tubuh ikan mas koki. Penggantian air sebanyak setengah volume akuarium bisa dilakukan setiap seminggu sekali. Sedangkan penggantian air secara penuh sebaiknya dikerjakan minimal setiap sebulan sekali.

  1. Pencucian Akuarium

Berbarengan dengan penggantian air secara penuh, Anda juga bisa melakukan pembersihan untuk membasmi kuman dan bakteri yang mungkin bersarang di sana. Proses ini cukup dilakukan menggunakan sikat dan air bersih tanpa perlu menambahkan sabun pembersih. Setelah itu, bilas akuarium tersebut sampai bersih. Anda bisa menjemurnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya kembali.

  1. Pemberian Pakan Secukupnya

Tahukah Anda, ikan mas koki tergolong ikan yang sangat rakus. Ikan ini seperti tidak pernah merasa kenyang karena selalu melahap habis makanan yang diberikan kepadanya. Memang hal tersebut tampak lucu dan menyenangkan, tetapi ikan mas koki yang mendapatkan pakan secara berlebihan akan mengalami overdosis. Akibat terburuk, tentu saja ikan-ikan yang mengalami gagal ginjal ini akan mati secara mendadak.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/10/nih-cara-merawat-ikan-mas-koki-biar.html


Related video : Nih, Cara Merawat Ikan Mas Koki biar Cepat Besar!


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
September 24, 2018 at 7:45 PM delete

Thanks infonyaa ya https://bit.ly/2NttF6q

Reply
avatar