4 Teknik Cara Mancing Ikan Kakap Merah

Bagaimana cara mancing ikan kakap merah? Kakap merah (Lutjanus malabaricus) adalah ikan laut yang memiliki warna sisik kemerah-merahan dan bobotnya dapat mencapai 2-3 kg. Habitat asli ikan ini berada di perairan laut khususnya di sekitar karang, rumpon buatan, tandes, kapal karam, dan sebagainya. Jadi apabila Anda ingin memburunya, carilah tempat yang mempunyai kondisi seperti itu.

Ikan kakap merah biasanya hidup secara berkelompok. Ia senang mencari mangsa di muka arus. Mempunyai gigi yang tajam, ikan ini dapat merobek mangsanya dengan mudah sekali. Bahkan tali pancing pun sering dibuatnya terputus oleh sambaran kakap merah. Ikan yang sudah tersangkut kail harus bisa diangkat, sebab jika tidak akan menyebabkan gerombolannya kabur.

memancing-ikan-kakap-merah.jpg

Meskipun untuk menangkap kakap merah terbilang lumayan sulit, tetapi justru di situ lah sensasi sebenarnya. Apalagi kakap merah juga mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Menyiapkan Alat Memancing

Alat pancing yang dipakai untuk memburu kakap merah bisa dilengkapi dengan joran (handline) atau pun tidak. Mata kail yang cocok dipilih dari bahan karbon yang berukuran 3/0-7/0. Sedangkan tali pancing/kenur (light tackle) bisa berupa tali monofilamen kelas 2-10 kg atau 4-30 lbs.

Reel (light spinning) yang dipakai berkisar antara 2-12 ball bearing. Lengkapi pula dengan joran sepanjang 180-230 cm dari bahan grafit. Anda bebas menggunakan 1 atau 2 batang joran tergantung gaya memancing yang disukai. Pastikan joran tersebut bisa melengkung dari posisi tengah hingga ke ujung. Kelas joran yang ideal adalah 2-4 kg atau 6-10 kg.

Memilih Umpan yang Tepat

Tidak masalah Anda menggunakan umpan yang masih hidup atau sudah mati yang penting kesegarannya tetap terjaga. Paling cocok, mancing ikan kakap memakai umpan berupa cumi-cumi, udang, ikan kembung, ikan kurisi, ikan selar, dan ikan-ikan kecil lainnya. Selain menggunakan umpan yang berjenis live bait, Anda pun dapat memanfaatkan umpan buatan seperti metal jig, ichiku, sabiki, dan lain-lain.

Mengetahui Aturan Dasar

Seperti yang sudah disinggung di atas, ikan kakap merah hidup secara bergerombolan. Usahakan sebisa mungkin setiap ikan yang telah memangsa umpan harus bisa diangkat ke daratan. Sebab apabila tidak, umpan yang terlepas akan memberitahukan kepada gerombolannya untuk segera menjauh dari tempat yang penuh jebakan. Alhasil, Anda pun mesti bersusah payah lagi menemukan spot pemancingan yang bagus.

Teknik Memancing yang Tepat

Waktu yang terbaik untuk berburu kakap merah pada saat sore hingga malam hari sebab gerak-gerik ikan lebih aktif. Ikan ini biasanya hanya mau memangsa makanan yang berada di depan mulutnya dan cenderung enggan mengejar mangsanya. Ikan ini juga lebih tergoda untuk melahap makanan yang hidup. Untuk meningkatakn daya tarik kakap merah dalam memangsa umpan, Anda bisa menarik-ulur tali pancing sehingga seolah-seolah umpannya terlihat hidup.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/06/4-teknik-cara-mancing-ikan-kakap-merah.html


Related video : 4 Teknik Cara Mancing Ikan Kakap Merah


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
October 9, 2018 at 7:13 PM delete

Thanks for info, https://bit.ly/2REvDPQ

Reply
avatar