2 Umpan Jitu Mancing Ikan Bawal Air Tawar

Apa ya umpan jitu untuk mancing ikan bawal di kolam air tawar? Ikan bawal adalah ikan air tawar yang biasa dibudidayakan untuk keperluan konsumsi. Daging ikan ini dikenal memiliki citarasa yang lezat dan mengandung gizi yang tinggi. Paling enak, ikan bawal diolah dengan cara dibakar serta dilumuri bumbu yang manis.

umpan-jitu-ikan-bawal.jpg

Di kalangan para pemancing, ikan bawal dikenal memiliki sifat yang lincah. Ikan ini tidak pernah diam dan selalu aktif bergerak semaunya. Ditambah ikan bawal juga mempunyai gigi rahang yang cukup tajam yang siap memutuskan tali pancing Anda. Oleh karena itu, kegiatan memancing ikan bawal dapat menimbulkan keasyikan tersendiri.

Untungnya, ikan bawal merupakan binatang omnivora. Ini berarti ikan bawal doyan memakan berbagai macam bahan makanan mulai dari buah, sayur, roti, jangkrik, sampai daging. Tentu saja hal tersebut semakin memudahkan kita dalam memancing ikan bawal di kolam air tawar ataupun keramba jaring apung.

Tahukah Anda, umpan yang paling disukai ikan bawal dan sering dipakai oleh para pemancing yaitu cacing, udang, jangkrik, serta usus dan hati ayam. Beberapa penghobi juga mengaku lebih gampang memancing ikan ini apabila menggunakan umpan berupa ikan-ikan kecil. Bagi Anda yang tidak mau repot, cobalah membeli umpan pancing berbentuk pelet yang banyak dijual di toko perikanan.

Rahasia lain dari memancing ikan bawal yakni memakai umpan khusus yang diracik sendiri. Sehingga umpan tersebut dapat mengeluarkan aroma yang kuat untuk menarik perhatian si ikan bawal. Kami mempunyai dua resep sederhana membuat umpan mancing untuk ikan bawal yang jitu. Berikut panduan selengkapnya!

Resep Pertama

Bahan-bahan :

  • 1 butir telur bebek
  • 3 sdm tepung ikan
  • 2 sdm tepung terigu
  • 2 sdm susu bubuk
  • 3 sdm tepung udang
  • 2 sdm ebi
  • air secukupnya

Langkah-langkah :

  1. Masukkan isi telur bebek ke dalam mangkuk lalu kocok sampai berbuih.
  2. Tambahkan tepung ikan, tepung terigu, susu bubuk, dan tepung udang ke dalam mangkuk sedikit demi sedikit sambil adonan tetap terus dikocok.
  3. Jika adonan terasa kaku, Anda bisa sedikit melunakkannya dengan menuangkan air secukupnya. Hati-hati jangan sampai adonan terlalu encer.
  4. Uleni adonan tersebut hingga bahan-bahannya tercampur merata dan teksturnya menjadi kalis.
  5. Kukus adonan umpan pancing ini selama 15-20 menit supaya aromanya lebih tajam.
  6. Setelah matang, adonan ini pun siap dibawa pergi memancing sebagai pakan ikan bawal.

Resep Kedua

Bahan-bahan :

  • 3 sdm tepung terigu
  • 4 sdm tepung udang
  • 5 sdm susu bubuk
  • 1 sdt ekstrak pisang
  • air secukupnya

Langkah-langkah :

  1. Masukkan semua bahan di atas ke dalam mangkuk lalu tambahkan air secukupnya.
  2. Aduk adonan tersebut hingga kalis dan benar-benar tercampur rata.
  3. Kukus adonan selama 10-15 menit sampai matang.
  4. Umpan pun siap digunakan untuk memancing ikan bawal.

Selamat mencoba!



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2015/12/2-umpan-jitu-mancing-ikan-bawal-air.html


Related video : 2 Umpan Jitu Mancing Ikan Bawal Air Tawar


Previous
Next Post »