Potensi Perikanan Tangkap Sumut Masih Besar

MedanBisnis - Medan. Potensi perikanan tangkap di Sumatera Utara (Sumut) saat ini masih sangat besar. Namun, sejauh ini, pemanfaatannya masih belum maksimal. "Hal itu, berlaku untuk di perairan pantai timur (selat malaka) serta perairan pantai barat (samudera hindia). Pemanfaatan perikanan di kedua perairan itu memang belum mencapai seratus persen," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut Robert Napitupulu kepada MedanBisnis, Kamis (21/5) di Medan.

Robert menjelaskan, untuk pantai timur sendiri, meskipun eksplorasi kekayaan laut lebih banyak dilakukan, tetapi persentase pemanfaatannya masih berlangsung sekitar 60 hingga 70 persen saja. Sementara untuk pantai barat sendiri, pemanfaatannya masih berlangsung berkisar 30 hingga 40 persen. "Jadi produksi ikan tangkap kita masih cukup. Karena stok ikan kita juga masih sangat banyak," jelasnya.

Untuk pantai timur, terang Robert, meskipun selat malaka terbagi dalam beberapa provinsi dan negara lain, tetapi hal tersebut bukan berarti dianggap sampai mampu untuk menekan potensi produksi perikanan tangkap di Sumut.

Sedangkan untuk pantai barat, dengan masih sedikitnya pemanfaatan yang dilakukan, hal itu dapat menjamin stok ikan dalam jumlah yang sangat besar.

"Potensi ini akan semakin membesar lagi, dengan adanya kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan soal pelarangan alat tangkap tertentu yang dapat merusak ekosistem laut. Sehingga dengannya, jumlah populasi laut dapat semakin bertambah besar lagi," jelas Robert. (rozie winata)


reff : http://penyuluhkelautandanperikanan.blogspot.com/2015/09/potensi-perikanan-tangkap-sumut-masih.html


Related video : Potensi Perikanan Tangkap Sumut Masih Besar


Previous
Next Post »