Macam-macam Teknik Memancing Ikan

Tahukah Anda, ada begitu banyak teknik memancing ikan yang bisa kita terapkan. Masing-masing dari teknik tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sehingga penggunaannya pun harus disesuaikan dengan jenis ikan yang ingin ditangkap.

teknik-memancing-ikan.jpg

Berikut ini beberapa teknik mancing ikan yang bisa Anda pelajari :

1. Teknik Mancing Dasar (Bottom Fishing)

Teknik mancing dasar dilakukan dengan mengarahkan mata kail ke dasar air. Butuh tenaga yang kuat saat menarik ikan ke permukaan karena mayoritas ikan dasar selalu memberikan perlawanan dengan menarik pancing ke bawah. Beberapa ikan yang bisa ditangkap menggunakan teknik ini antara lain kuwe, kerapu, kakap merah, tenggiri, barakuda, dan sebagainya.

2. Teknik Koncer (Live Bait)

Teknik koncer harus memakai umpan ikan yang masih hidup. Ikan ini dibiarkan berenang menjauhi kapal sampai dimangsa oleh ikan predator. Kadang-kadang alat pancing juga dipasangi balon untuk menjaga umpan tetap berada di kisaran 1-2 m dari permukaan air. Ikan yang bisa ditangkap memakai teknik ini yaitu tenggiri dan barakuda.

3. Teknik Tonda (Troling)

Teknik tonda memanfaatkan umpan buatan yang ditarik oleh kapal yang melaju dengan kecepatan 5-7 knot. Posisi umpan diusahakan sekitar 20-50 m dari kapal. Teknik tonda sangat bagus diaplikasikan untuk menangkap ikan yang berenang dengan kecepatan tinggi seperti ikan marlin.

4. Teknik Casting

Kebanyakan praktik teknik casting dilakukan ketika memancing di dermaga, bebatuan, atau kapal yang sedang melaju pelan. Teknik ini memakai umpan tiruan yang berbobot antara 7-20 gram dan dilempar sejauh-jauhnya ke tengah laut, kemudian reel digulung secepat mungkin. Demikian dikerjakan secara berulang-ulang. Teknik casting merupakan metode yang sangat efisien untuk menangkap ikan-ikan penghuni dermaga.

5. Teknik Jigging/Popping

Teknik jigging dikenal pula dengan sebutan teknik popping merupakan teknik yang efektif untuk menangkap ikan kuwe, ikan marlin, atau ikan GT. Caranya umpan tiruan diayunkan sejauh mungkin lalu gulung reel secara cepat, kemudian berhenti sejenak lalu gulung reel kembali sedikit demi sedikit. Begitu seterusnya berulang-ulang. Hal ini dimaksudkan untuk membuat pergerakan umpan tiruan terlihat seperti ikan yang hidup.

6. Teknik Kite Fishing

Teknik kite fishing adalah memancing ikan menggunakan bantuan layang-layang. Teknik ini banyak digunakan oleh nelayan di Kepulauan Seribu. Ikan yang dibidik biasanya cendro dan ikan-ikan sejenisnya.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/06/macam-macam-teknik-memancing-ikan.html


Related video : Macam-macam Teknik Memancing Ikan


Previous
Next Post »