Cara Memancing Gurita yang Benar

Bagaimana cara memancing gurita yang benar? Gurita merupakan binatang moluska yang termasuk dalam kelas Cephalopoda dengan ordo Octopoda. Habitat utamanya terletak di terumbu karang di samudra. Gurita mempunyai delapan lengan yang digunakan untuk menangkap mangsa dan bergerak di dasar laut.

Di lingkungan alaminya, gurita biasanya memangsa kepiting dan rajungan. Itu sebabnya, umpan mancing yang dapat dipakai untuk menarik perhatian hewan ini harus berbentuk menyerupai kepiting/rajungan. Anda bisa membuatnya memakai bola kecil, cangkang asli, botol mineral, atau batok kelapa sebagai badan umpan. Jika beruntung, umpan berupa ikan-ikan kecil juga cukup ampuh untuk digunakan memancing gurita.

Sebaiknya memancing gurita dilakukan dari atas perahu, bukan dari tepi pantai. Dengan begini, Anda bisa membuat umpan hanyut mengikuti arus di atas terumbu karang sehingga umpan tersebut tampak seolah-olah hidup. Apabila sepot pemancingan memiliki arus yang cukup deras, Anda bisa melengkapi alat pancing dengan pelampung untuk menjaga kestabilan pergerakannya.

cara-memancing-gurita.jpg

Handline yang tepat digunakan ketika sedang memancing gurita adalah benang mono yang berukuran 1.000 atau lebih. Hindari menggunakan benang yang berukuran kurang dari 1.000 sebab meskipun kekuatannya cukup baik tetapi berisiko dapat menyebabkan jari-jari tangan Anda terlukai.

Tidak dianjurkan pula memakai joran ataupun benang PE karena risiko umpan tersangkut di dengan terumbu karang sangatlah tinggi. Tips agar umpan tidak tersangkut yaitu Anda bisa menurunkan umpan sampai menyentuh dasar lalu angkat kembali sejauh 0,5-1 m dari atas karang. Begitu seterusnya Anda harus menggerakkan umpan secara naik dan turun dengan frekuensi yang berbeda-beda.

Apabila umpan terasa berat seperti tersangkut, ada dua kemungkinan yang terjadi pada umpan tersebut. Pertama adalah umpan benar-benar tersangkut dengan karang sehingga Anda harus menariknya secara hati-hati supaya umpan tetap dapat diselamatkan. Kedua yaitu umpan dimakan oleh gurita.

Jika ternyata gurita telah memakan umpan, Anda harus menarik benang dengan cepat kemudian menangkapnya menggunakan jaring serok. Bila sudah mahir, Anda pun dapat memegang bagian kepala gurita agar tidak menyemburkan tinta yang dapat menyebabkan kapal menjadi kotor.

Setelah berhasil dipegang, Anda bisa melepaskan mata pancing dari tubuh gurita tadi. Setelah itu, masukkan gurita ke dalam karung dan ikat memakai tali dengan kuat. Jika ingin memasukkan gurita tersebut ke dalam coolbox, pastikan kotak penyimpanan ini memiliki penutup yang rapat. Sebab bila ada celah sekecil apapun, kemungkinan besar gurita yang telah Anda tangkap bisa melarikan diri.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/08/cara-memancing-gurita-yang-benar.html


Related video : Cara Memancing Gurita yang Benar


Previous
Next Post »