Alternatif Pakan Ikan Nila yang Direkomendasikan

Ingin tahu apa saja pakan ikan nila yang bagus? Ikan nila merupakan binatang omnivora atau pemakan segala jenis makanan. Pada saat masih berukuran larva, ikan ini biasanya akan memangsa zooplankton ketika sel kuning telurnya sudah habis. Kemudian setelah tumbuh besar, ikan nila akan tumbuh menjadi ikan predator yang memangsa ikan-ikan kecil dan tanaman air. Ikan nila juga mempunyai daya respons yang baik terhadap pakan buatan yang mengandung protein dengan kadar 25-30%.

Sayangnya harga pakan yang berkualitas tinggi saat ini lumayan mahal. Padahal para petani mau tidak mau harus berhadapan dengan biaya pakan yang bisa mencapai 60-70%. Tentu saja, keadaan tersebut akan semakin mencekik orang-orang yang membudidayakan ikan nila. Sehingga kini mulai bermunculan pakan alternatif yang cocok diberikan untuk ikan nila.

Pada umumnya, para peternak ikan nila memberikan dua jenis pakan yaitu pakan utama dan pakan alternatif. Pakan utama yang sering digunakan antara lain pelet FF999, 781, 781-SP, dan 781-2. Sedangkan pakan alternatif dipakai untuk mencukupi kebutuhan gizi ikan. Contoh-contoh pakan alternatif untuk ikan nila di antaranya :

pakan-ikan-nila.jpg

  1. Ampas Kelapa

Ampas kelapa merupakan sisa parutan buah kelapa yang sudah diambil santannya. Meskipun begitu, ampas masih mengandung protein yang cukup tinggi bagi ikan nila. Ampas kelapa ini bisa diberikan langsung kepada ikan, difermentasikan terlebih dahulu, atau diolah menjadi pelet.

  1. Sayuran

Sayuran yang dapat diberikan kepada ikan nila sebaiknya memiliki tekstur yang lembut agar mudah dicerna. Misalnya yaitu kangkung, bayam, sawi putih, dan kubis. Sebelum disebarkan ke dalam kolam, sayur-sayuran ini harus dipotong-potong terlebih dahulu hingga ukurannya menjadi kecil. Sayangnya, pakan berupa sayur-mayur ini tidak terlalu memberikan pengaruh yang signifikan bagi pertumbuhan ikan nila.

  1. Roti

Karena harga roti sangat mahal, Anda bisa memberikan limbah roti yang sudah kadaluwarsa kepada ikan nila. Sekarung roti bekas ini bisa Anda gunakan untuk memberikan pakan kepada ikan nila yang berukuran 40 ekor/kg selama 2-3 hari. Selain roti, Anda juga bisa menggunakan sisa-sisa nasi yang banyak dibuang oleh restoran. Perlu dicatat, kedua umpan ini hanya boleh diberikan kepada ikan nila yang dipelihara di kolam yang airnya mengalir.

  1. Azolla

Azolla merupakan tanaman paku air yang termasuk dalam famili Salvinaceae. Tumbuhan sering dijadikan sebagai pakan alami bagi ikan-ikan peliharaan. Tanaman azolla mengandung protein dengan kadar 24-30%. Bahkan kandungan asam amino terutama lisin mencapai 0,42% atau lebih tinggi daripada jagung, beras pecah, dan konsentrat.



reff : http://tipsikan.blogspot.com/2016/08/alternatif-pakan-ikan-nila-yang.html


Related video : Alternatif Pakan Ikan Nila yang Direkomendasikan


Previous
Next Post »